2016/11/17

Pertama Kali Wisata Ke Luar Negeri? Ini Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan

Advertisement
Kalau pergi-pergi naik pesawat emang paling nyaman pakai Garuda Indonesia Airlines. Eits, Jangan dulu berpikir kalau itu pasti mahal. Selain menawarkan kursi kelas bisnis dan kelas satu, sebenarnya ada juga lho kelas ekonomi Garuda Indonesia Airlines yang tersedia untuk low budget.
Harganya memang sedikit di atas kelas ekonomi dari maskapai lainnya. Akan tetapi, pelayanan dan kenyamanan sudah pasti jauh berbeda. Apalagi kalau harus pergi melakukan perjalanan wisata ke luar negeri yang mungkin memakan waktu berjam-jam, kenyamanan adalah yang paling Anda butuhkan.
Ngomong-ngomong soal perjalanan (wisata) ke luar negeri, bagi Anda yang masih baru dan mungkin ini adalah pengalaman pertama, Anda bisa mempertimbangkan untuk pergi berwisata ke luar negera-negara yang budayanya tidak begitu berbeda dengan Indonesia atau lokasinya tidak terlalu jauh seperti Malaysia, Singapore, Vietnam, atau Thailand.
Agar pengalaman berwisata ke luar negeri bisa lebih menyenangkan dan mengasyikkan. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ingat.

Bekali diri dengan bahasa Inggris

Jika ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, setidaknya Anda harus membekali diri dengan bahasa daerah setempat. Jika kesulitan, bekali saja diri dengan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris akan sangat membantu pada saat akan berkomunikasi selama berada di negara tujuan.
Kursus bahasa Inggris – sumber gambar : education-newzealand.org
Kursus bahasa Inggris – sumber gambar : education-newzealand.org
Walau demikian, tidak selalu orang yang ada di negara-negara tujuan juga bisa berbahasa Inggris. Jadi sangat penting untuk selalu membekali diri dengan beberapa kata-kata penting yang mungkin sering diucapkan dengan bahasa setempat.
Dalam hal ini, smartphone akan sangat membantu karena ada beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk belajar bahasa daerah setempat atau untuk men-translate ucapan-ucapan tertentu.

Pilih tempat menginap yang strategis

Karena negara tujuan wisata adalah negara asing yang tentu saja belum akrab di mata kita, maka memilih tempat menginap yang strategis akan membantu Anda untuk bisa lebih leluasa saat harus bepergian. Misalnya, Anda bisa memilih sebuah hotel yang lokasinya dekat dengan MRT, atau hotel yang lokasinya dekat dengan objek wisata yang akan Anda tuju.
Hotel dekat stasiun – sumber gambar : en.wikipedia.org
Hotel dekat stasiun – sumber gambar : en.wikipedia.org
Selain itu, biasanya pada saat mengurus keimigrasian, kemungkinan petugas juga akan menanyakan di mana Anda akan menginap, berapa lama kunjungan Anda, dan lain sebagainya. Mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal akan mempermudah segalanya.

Scan dan backup ID serta paspor

Kita harus mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang terburuk, termasuk mungkin saja bisa kehilangan dompet atau dokumen-dokumen penting seperti paspor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu sebelum berangkat scan atau foto semua dokumen penting termasuk ID kemudian upload-lah ke email. Jika sewaktu-waktu membutuhkannya, Anda tinggal mem-print out-nya untuk dijadikan sebagai bukti bahwa Anda bukanlah imigran gelap.

Tukar uang (money changer)  

Money changer – sumber gambar : haaretz.com
Money changer – sumber gambar : haaretz.com
Saat mendarat di negara destinasi wisata yang Anda datangi, segera tukarkan uang rupiah atau dolar yang Anda bawa atau ke mata uang lokal. Ini akan mempermudah Anda untuk membeli beberapa keperluan, seperti membeli makanan, simcard, membayar transportasi umum, dan lain-lain.

Maksimalkan liburan

Liburan ke luar negeri tidak pernah murah. Semurah-murahnya liburan ke luar negeri pasti akan menghabiskan jutaan rupiah. Agar tidak sia-sia, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan diantaranya adalah:
  • Pilih destinasi wisata yang paling Anda inginkan atau yang selama ini Anda impi-impikan.
  • Buatlah rencana apa saja objek wisata yang ingin Anda lihat dan tentukan lama kunjungan.
  • Gali informasi sebanyak-banyaknya bagaimana caranya pergi ke tempat wisata dari hotel atau sebaliknya.
  • Jangan lupa mencari informasi mengenai tempat-tempat makan yang cocok dan sesuai untuk anda, serta,
  • Jangan lupa untuk belajar berhemat.

Hindari membawa barang palsu

Saat keluar negeri, beberapa traveler mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan ketika harus berhadapan dengan petugas di pelabuhan atau bandara internasional, di mana barang-barang palsu tidak diizinkan untuk dibawa. Semisal, tas bermerek (KW), kaos bola, atau powerbank, dan lain-lain.

Cari info tempat makan

Sebelum sampai di negara tujuan wisata, wajib hukumnya Anda mencari beberapa informasi mengenai tempat-tempat makan. Karena ini adalah bagian penting dari sebuah perjalanan. Terutama bagi Anda yang beragama Islam, mencari tempat makan yang menyediakan makanan halal adalah salah satu yang harus Anda lakukan.
Atau mencari tempat dimana Anda bisa menemukan makanan berharga murah adalah solusi untuk berhemat.
Jangan lupa juga berbekal makanan ringan atau makanan yang awet untuk jaga-jaga apabila nanti kesulitan menemukan tempat makan ketika pertama kali mendarat. Paling tidak, dapatan informasi tempat makan di dekat hotel dan di dekat tempat wisata yang akan Anda datangi.

Beli simcard lokal untuk menghemat

Mengaktifkan “roaming” adalah solusi untuk menghemat biaya telepon dan penggunaan internet saat berada di luar negeri. Akan tetapi cara tersebut seringkali berakhir dengan tagihan yang membengkak. Untuk mengurangi tagihan telepon, ada baiknya Anda membeli perdana simcard lokal. Cari terlebih dahulu beberapa informasi sebelum menentukan salah satu merek yang akan digunakan.
Itulah beberapa tips pertama kali keluar negeri yang semoga saja bisa membantu Anda menghindari hal-hal yang mungkin dapat merugikan atau menyusahkan. Selain itu, agar perjalanan Anda lebih menyenangkan, pastikan Anda mengurus dokumen-dokumen penting dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat-tempat yang akan Anda datangi.

Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

4 comments:

  1. thanks ya gan infonya, kalo kapan" bisa keluar negeri ane pake dah tipsnya

    salam http://www.mastahbloging.com/

    ReplyDelete
  2. wah bagus nih gan infonya sangatb bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dong pasti bermanfaat :)

      Delete

Silahkan berkomentar dibawah ini:

close ads