2016/01/21

5 Gunung Yang Wajib Dicoba Untuk Pendaki Pemula

Advertisement
Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang gunung untuk pendaki pemula , melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul Tips Mendaki Gunung. Sobat yang suka berpetualang di alam bebas seperti mendaki gunung hal apa saja yang perlu di ketahui? yang pertama menurut saya gunungnya, uups maksud saya kriteria gunungnya. berhubung artikel kali ini berjudul Gunung Untuk Pendaki Pemula, jadi saya akan bahas sedikit saja gunung untuk pendaki pemula, walaupun sebenarnya banyak sekali gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Di sini saya akan membahas 5 gunung untuk pendaki pemula.

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango berada di wilayah tiga kabupaten yakni Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Gunung ini jadi favorit pada akhir pekan, terutama kebanyakan para pendaki pemula. Biasanya juga banyak di isi acara dengan kegiatan pramuka walaupun tidak sampai kepuncak, hanya di lereng saja. Hamparan padang Edelweiss membuat memanjakan mata para pendaki dari alun-alun suryakencana dan mandalawangi.

2. Gunung Ijen

Gunung Ijen berada di wilayah Banyuwangi yang terkenal dengan kawahnya yang sangat begus. tak heran jika pendaki sangat menjadikan gunung ini menjadi favorit, khususnya para pendaki pemula. Gunung Ijen memiliki ketinggian sekitar 2443 meter dari permukaan laut. Ada baiknya jika sobat ingin mendaki gunung ini persiapkan dulu stamina dan perlengkapan yang cukup dan kamera untuk menikmati keindahan dari kawah gunung ijen.

3. Gunung Ungaran

Ini dia Gunung yang sering saya daki bersama teman-teman saya. Karena gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula contohnya seperti saya, walaupun sudah mendaki di berbagai gunung-gunung di jawa tengah.

Gunung Ungaran memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter dari permukaan laut. Gunung Ungaran berada di wilayah kabupaten ungaran sebelah barat-daya kota semarang dengan jarak sekitar 40km. Gunung Ungaran termasuk gunung yang bertipe strato. Gunung Ungaran memiliki keunikan sendiri bagi saya. Dengan jalan yang bisa dibilang pendek tetapi lumayan terjal. Di gunung ungaran terdapat dusun yang dapat untuk menginap para pendaki. Dusun ini banyak yang menyebutnya dusun promasan, saya tidak tahu kenapa dusun ini dinamakan dusun promasan, atau mungkin karena di dusun ini banyak kebun teh-nya ya?.

4.Gunung Api Purba

Gunung Api Purba atau bisa di sebut Gunung Nglangeran, berada di wilayah Yogyakarta kabupaten Gunung Kidul. Gunung ini memiliki jalan yang tidak terlalu terjal dan sangat cocok untuk pendaki pemula. Selain itu di gunung api purba ini juga para pendaki dapat melihat keindahan kota Gudeg dari puncaknya.

Gunung ini menjadi favorit para pendaki pemula khususnya yang berada di dekat wilayah gunung ini, karena memiliki medan yang tidak terlalu berat. Jarak dari Pos keamanan sampai puncak kurang lebih 2jam. selain itu terdapat pula pos untuk pendaki ketika hendak beristirahat.

5.Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki ketinggian sekitar 2.665 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki beberapa kawah yang cukup terkenal dengan keindahannya yakni Kawah Baru, Kawah Nanglak, Kawah Mas, dan Kawah Manuk.

Gunung Papandayan juga cocok untuk pendaki pemula, karena memiliki medan yang tidak terlalu terjal. Gunung ini juga menjadi favorit para pendaki yang berada dekat dengan wilayah gunung ini. Dari sini sobat juga dapat melihat hutan mati yang dipenuhi pohon-pohon tanpa daun. Puncak Gunung Papandayan Dinamakan Pondok Saladah.

Cukup sekilas saja ya sobat mengenai Gunung Untuk Pendaki Pemula, semoga bermanfaat bagi sobat yang ingin mendaki gunung dan merasakan bagaimana rasanya mendaki itu.

Advertisement

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

16 comments:

  1. Pengen ikutan kaya gitu >.<
    Tapi sepertinya berbahaya :(
    Orang tua juga sepertinya tidak mengijinkan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak berbahaya kok kalau ngak sembarangan waktu naik gunung... ya kalau banyak temennya pasti orangtua mengijinkan kok..
      ini pernah saya alami waktu pertama mendaki gunung...

      Delete
  2. mau nanya kalo yang sakit asma gitu gpp kalo naik gunung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebalumnya sobat perhatikan dulu ktika beraktifitas sehari-hari apakah penyakit sobat sering kambuh? Jika iya, sebaiknya sobat jangan naik gunung dulu. Pastikan dulu kalau sobat bener2 sehat. Jika sobat bener2 ingin mendaki gunung sebaiknya ajak teman2 yang sudah berpengalaman mendaki dan juga ahli medis...

      Jangan patah semangat ya sob.

      Delete
  3. gambarnya enggak di taruh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya udah saya kasih gambar... tapi karena bikin berat jadi ya saya hapus lagi...

      Delete
  4. sayang banget ane ga hobi ginian ;-;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang hobi orang beda-beda gan... nikmati aja...

      Delete
  5. wah gunung gede ane ragu gan, kaki gunung salak aja ane ngos ngosan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ragu gan... harus berani ambil keputusan tapi jangan ambil resiko...

      Delete
  6. saya pengen banget gan ke gunung papandayan, tetapi kendalanya yaitu saya berada di semarang dan gunung papandayan berada di daerah garut dan itu jauh sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjalanan jauh memang sangat membosankan, tetapi jika perjalanan jauh untuk liburan ya bisa jadi sangat menyenangkan... so nikmatin aja perjalananmu...

      Delete
  7. daftar gunung untuk pendaki pemula yang sangat direkomendasikan... sangat bermanfaat sekali gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan sudah mau membaca artikel ini... semoga bermanfaat..

      Delete
  8. Pengin naik gunung tapi tidak mendapatkan ijin orang tua gan. Takut terjadi kenapa-kenapa ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngak boleh ya jangan. Mendaki tanpa doa orang tua apa daya...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan Catatan seperti dibawah ini :
* Usahakan Berkomentar tidak menyinggung
* Tidak bertuliskan kata-kata Kasar
* Boleh berupa Kritik atau Saran
* Tidak berbau Porno atau SPAM
* Tidak menuliskan link Hidup/Aktif

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat untuk anda...