2015/12/07

Bagaimana tips mendaki di waktu musim hujan?

Advertisement
Ketika mendaki pada saat musim hujan apa yang harus diperhatikan? yang pasti kenyamanan, tetapi nyaman bukan berarti bisa menghindari kehujanan atau kedinginan, nyaman karena dapat meminimalkan resiko yang tidak di inginkan. Tentunya banyak sekali resikonya mendaki pada saat musim hujan daripada saat musim kemarau. Ketika musim hujan banyak resiko yang harus kita hadapi mulai dari treking menjadi licin dan tidak menutup kemunginan bisa juga sampai terjadi tanah longsor, selain itu juga penyakit hipotermia dapat dengan mudah menyerang tubuh kita jika tidak bisa
mengatasinya. Saya disini akan berbagi tips mendaki pada saat musim hujan. Berikut tips mendaki pada saat musim hujan.

1. Minum air putih dan vitamin yang cukup

Sebelum memulai pendakian alangkah lebih baik jika anda mengkonsumsi air putih dan makanan yang mengandung vitamin, karena kebutuhan fisik lebih diutamakan dalam perjalanan. Baca juga : Tips Mendaki Gunung.

2. Olahraga kecil sebelum pendakian

Persiapan fisik sangat di perlukan, jadi dengan olahraga kecil-kecilan seperti lari-lari kecil atau yang lainnya. Hal ini sangat membantu untuk melatih kembali pernafasan kita. Dengan fisik yang segar bugar tentu dalam perjalanan dapat memaksimalkan sebuah moment terbaik.

3. Cari tahu informasi cuaca di daerah gunung yang akan anda daki

Anda bisa buka informasi di BMKG mengenai cuaca yang sedang dan akan datang di daerah gunung yang akan anda daki. Mungkin mengenai cuaca di gunung sering berubah-ubah tetapi lebih baik anda mengetahui prakiraan cuaca yang akan mendatang.

4. Pastikan Gunung mana yang akan anda daki

Dengan memastikan gunung mana yang akan anda daki dapat menimbulkan pemikiran seperti kriteria gunung tersebut. Jika gunung tersebut memiliki perjalanan yang sangat panjang pastikan anda mengetahui sedikit informasi trek yang terdapat di gunung tersebut. Jangan malas baca-baca mengenai informasi jalur pendakian yang akan anda daki. Anda bisa cari di mbah google seperti apa medan yang akan anda lalui di perjalanan mendaki gunung tersebut.

5. Jangan lupa bawa Jas hujan atau Mantel

Yang satu ini mungkin sudah biasa, tetapi terkadang kita lupa membawanya karena selalu menyepelekan ketika mempacking barang bawaan. Lebih baik pakai mantel supermen, karena lebih nyaman untuk berjalan dan dapat melindungi tas carrier jika tidak ada cover bagnya.

6. Membawa Pakaian Ganti

Disini maksudnya pakaian dari ujung kaki sampai ke ujung kepala. Jika pakaian basah entah bajunya yang basah atau celana yang basah dapat membuat suhu dingin pada badan menjadi naik, sehingga badan menjadi rapuh dan mudah terkena hipotermia. Tentunya anda tidak mau kan terkena hipotermia?.

7. Bungkus semua barang bawaan anda

Bungkus barang bawaan anda dengan cara terpisah agar anda mudah mengingat apa isi dari kantong plastik tersebut. Kalau bisa kantong plastiknya barwarna yang berbeda-beda. Kantong plastik dapat melindungi barang yang kita bawa dari basah yang diakibatkan oleh embun. Jika anda tidak membungkus semua barang bawaan anda pasti akan menjadi sangat repot ketika basah, akibatnya tas yang kita bawa menjadi berat karena menyerap air.

8. Membawa Sendal Japit

sedal japit juga berguna ketika sedang di cam tempat kita mendirikan tenda. Di tempat ketika mendirikan tenda sandal japit sangat menjadi primadona yang dicari-cari pada saat ketika akan keluar tenda. Saat musim hujan sepatu lebih baik diamankan agar tidak basah dengan cara dibungkus dengan kantong plastik.

9. Membawa spons atau benda yang dapat menyerap air

Untuk menangani tenda kebocoran atau basah karena embun spons bisa berguna untuk menyerap air, jadi benda ini juga penting untuk mendaki di saat musim hujan.

10. Jangan lupa berdoa dan izin orangtua sebelum memulai perjalanan

Tujuan kita mendaki bukan puncak tetapi rumah, ingat mendaki tanpa doa dan tanpa restu orang tua hati kita tidak akan merasa tenang. Mengingat semua ini sudah ada yang mengatur jadi kita haru meminta doa pada yang maha pencipta. Restu orang tua juga sangat membantu, jangan nekat jika orang tua tidak memberi izin untuk mendaki. Untuk sobat pendaki pemula baca juga: Gunung Untuk Pendaki Pemula.

Mungkin masih banyak lagi tips mendaki pada saat musim hujan, anda bisa menambah wawasan anda mengenai mendaki pada saat musim hujan melalui google atau bertanya pada teman pendaki. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat, dan dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendakian. Sobat suka cerita pendakian? Baca juga: Cerita Pendakian Gunung Mahameru.

Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

8 comments:

  1. Klo org mikir juga dah tau kalee

    ReplyDelete
  2. Klo org mikir juga dah tau kalee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemula mungkin belum mengetahui.

      Delete
  3. Terimakasih ya sob sangat membantu sekali. Saya bulan ini mau mendaki ke gunung selamet dan kebetulan hari ini tepat musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama gan. saya bulan ini juga mau naik ke gunung selamet... ketemuan dipuncak ya gan...

      Delete
  4. yup, mantap sekali gan tipsnya... kini saya jadi tahu persiapan apa saja ketika mendaki di saat musim hujan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup... persiapkan semaksimal mungkin agar pendakian menjadi tambah aman dan menyenangkan...

      Delete

Silahkan berkomentar dibawah ini:

close ads