2015/09/08

Cerita Pendakian Gunung Mahameru (pesona indahnya atap pulau jawa)

Advertisement
Hai sobat blog-al, kali ini saya menuliskan sedikit cerita ketika pendakian pertama saya di Mahameru. Tanggal 18-21 Juli adalah perjalanan saya ke mahameru dari berangkat menuju basecamp ranupane sampai pulang kerumah. Tanggal pemberangkatan tepat setelah hari raya idul fitri dimana semua orang-orang muslim sedang merayakan hari raya idul fitri dangan sanak keluarga di kampung halaman, tetapi beda dengan saya yang malah pergi berlibur ke mahameru untuk melihat indahnya indonesia. Saya rela tidak ikut mudik sama ayah dan ibu bukan berarti saya egois karena lebih mementingkan waktu untuk mendaki dari pada mengunjungi saudara di kampung, tetapi saya sudah bilang sama ibu saya kalau setelah mendaki nanti saya akan melnyusul ke tasik malaya. Pendakian ke gunung mahameru sudah di rencanakan sejak sekitar empat bulan sebelumnya, karena saya dan kawan-kawan sangat ingin sekali mendaki ke mahameru. Karena kawan-kawan saya banyak yang sudah bekerja jadi mereka sulit untuk meluangkan waktu berlibur ke mahameru, kalau saya sih belum bekerja jadi mau berangkat kapan yang penting ada dananya hahaha.

H-3 kami sudah persiapan packing mulai dari perlengkapan pendakian sampai persiapan logistik yang cukup untuk pendakian. kita melakukan planing lebih awal karena jika planning mendekati hari H nya semua warung sudah pada tutup. Singkat cerita ketika mendekati hari pemberangkatan sekitar H-7 ada teman yang dari awal memang sudah mau ikut tetapi malah mengundurkan diri, dikarenakan tidak dapat SIM (surat ijin mendaki) sama orang tuanya. Kita berangkat dengan sebelas anggota, laki-laki sepuluh dan satu perempuan.

18 juli 2015- kami sudah siap-siap dan berkumpul pada jam 13.00 wib, sedangkan pemberangkatan kereta jam 17.45 wib. Dan setelah selesai mempacking ulang barang bawaan kami berangkat menuju stasiun kereta pada jam 15.00 wib sekalian membatalkan tiket yang sudah dibeli teman kami yang tidak jadi berangkat. Setelah selesai mengurus pambatalan tiket kereta, kita menunggu kereta datang dan berangkat menuju kota malang tempat pemberhentian kereta kami. Sekitar jam 04.00 kami tiba di stasiun tujuan kami. Dan kami langsung melanjutkan tujuan selanjutnya ke basecamp ranupane. Tiba di basecamp Ranupane pada jam 10.00 wib. Salah satu teman saya mendapat amanah untuk menyampaikan barang pada salah seorang penduduk asli desa Wisata Ranupane, tempatnya tidak jauh dari basesamp Ranupane, kita langsung kesana dan memberikan barang yang dibawa teman saya untuk dikasihkan pada orang tersebut. Dan kita juga disambut dengan hangat sama orang tersebut. Orangnya sangat baik dia menyarankan kita jika pulang nanti akan diantarkan sampai terminal terdekat. Berhubung waktu semakin siang kita melanjutan ke basecamp untuk mengisi data daftar pendaki gunug mahameru. Setelah selesai tepat pada jam 12.00 wib kita melaksanakan sholat duhur terlebih dahulu dan sekalian mengambil air untuk persediaan ketika perjalanan nantinya. Jam 14.00 kita memulai pendakian berjalan menyusuri hutan mahameru yang masih begitu lebat dan sangat memberikan arti dari sebuah perjalanan. Dengan jalan setapak kita berjalan dengan sangat hati-hati, jalan yang kita lewati teradang ada juga yang longsor dan licin setelah terkena hujan. Burung-burug bericau menyambut kedatangan kami, mereka bernanyi seakan-akan menunjukkan bahwa alam indonesia perlu dijaga. Sepanjang perjalanan menuju Ranu Kumbolo medan yang kita lalui tidak begitu terjal, dan bisa di bilang landai. Dari basecamp ranupane menuju pos 1 dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dan itu pun berjalan dengan santai, Setiap perjalanan menuju ranu kumbolo terdapat 4 pos yang jika ditempuh dari basecamp ranupane dapat memakan waktu sekitar 4-5 jam dengan berjalan santai.

17.00 wib tiba di ranu kumbolo dengan sambutan kabut yang sudah mulai turun menyelimuti danau yang indah ini. Ternyata disana sudah ada banyak pendaki yang mendirikan tenda, dan kita langsung mencari lahan untuk mendirikan tenda. Tenda sudah berdiri dan matahari sudah mulai tenggelam, hawa dingin juga sudah mulai terasa perlahan menusuk sampai ke tulang. secangkir Kopi, Mi Rebus dan 3 batang rokok sangat membantu menurunkan hawa dingin yang saya rasakan. Bercanda, Bergembira dan mengagumi keindahan-Nya tak luput menghiasi setiap perjalanan yang kami tempuh mulai dari Basecamp Ranupane. Setelah selesai makan dan menikmati kebersamaan dan keindahan berada di Ranu kumbolo saya langsung membuka Slepping Bag dan bersiap-siap untuk tidur. Dalam Do'a saya meminta pada yang maha kuasa untuk memberikan kelancaran dalam pendakian ini dan tidak terdapat suatu masalah sedikit pun.

05.00 wib saya bergegas keluar dan melihat Sang Surya terbit yang menghiasi di sela dua bukit di Ranu Kumbolo. Ketika itu masih pagi sekali dan teman-teman masih belum ada yang bangun, hanya saya sendiri yang sudah bangun. Saya langsung menghidupkan kompor portabel dan secangkir air untuk membuat kopi sambil membangunkan mereka yang masih tidur. Air Embun membasahi rerumputan savana yang terdapat di Ranu Kumbolo. Ketika Air yang saya masak belum matang mereka teman-teman saya sudah mulai bangun dan langsung keluar sambil membawa kamera untuk mengabadikan momen indah disaat-saat sang surya mulai terbit. Matahari mulai terlihat bulat, air danau ranu kumbolo mulai memantulkan cahaya matahari yang mengusir keramaian bintang-bintang dikala malam. Kopi sudah saya seduh dan sebatang rokok sudah saya nikmati seraya berada di surganya indonesia. Perut sudah mulai mengerogoti seperti beryanyi meminta di isi ulang, dan kami mulai menyiapkan makanan untuk sarapan pagi bersama.

Baca Lanjutan Ceritanya di Bagian kedua. Tunggu Update Berikutnya ya.
Advertisement

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Catatan seperti dibawah ini :
* Usahakan Berkomentar tidak menyinggung
* Tidak bertuliskan kata-kata Kasar
* Boleh berupa Kritik atau Saran
* Tidak berbau Porno atau SPAM
* Tidak menuliskan link Hidup/Aktif

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat untuk anda...

close ads