2014/04/18

Sejarah Musik SKA - Terbentuknya Genre SKA

Advertisement

Sejarah Musik SKA

Di Indonesia tidak diketahui kapan dan siapa musisi Indonesia yang awalnya memainkan musik SKA. Satu hal yang pasti sejak Tipe-X mengisi pensi di berbagai wilayah di Indonesia dengan musik SKA-nya, musik ini menjadi naik kasta menjadi msik Industrial yang menjanjikan (diangga sebagai musik indie). meski banyak musisi Indonesia yang mengelola musik SKA seperti Artifical Life dan yang lainnya, banyak juga band SKA Indonesia yang mengimprovisasi kesana-kemari. Selain Tipe-X ada juga Band Indonesia yang bergenre SKA seperti Noin Bullet dan Jun Fun Gung Foo yang mengelola musik ini dengan campuran musik Rock.

Musik SKA lebih dulu lahir di bandingkan musik Reggae. Saat musik Rock sedang naik pangkat pada era 90-an, musik SKA tiba-tiba muncul dan langsung menjadi trend pada kalangan pemuda indonesia yang mencintai musik. Selain itu musik SKA juga menjadi Trend Lifestyle Remaja pada saat itu. Ciri khas musik SKA yaitu dengan baju pantai, Celana pendek dengan penampilan yang necis membuat siapa yang mendengarkan seolah-olah menjadi sedang dalam memainkan musik SKA.

Musik SKA juga identik dengan Hura-hura dan Pestanya yang Menarik dan Unik. Dibalik keidentikan tersebut juga musik ini pernah mengalami sejarah gelap dengan syair-syair berisi penderitaan bangsa terjajah yang tercemar dengan alunan arasemen musik dansa.

Sejak merdeka dan menjadi negara persemakmuran Inggris, perkembangan musik di Jamaica berkembang sangat pesat. Pada Tahun 40-an musik Dansa dari Amerika begitu Populer, Seperti Jazz dan Blues. Sampai pada Tahun 1962, Cecil Bustamente Campbell yang kemudian dikenal dengan 'Prince Buster', mengetahui bahwa sesuatu yang baru juga sangat dibutuhkan pada saat itu. Dia juga mempunyai seorang Gitaris yang bernama Jah Jerry, yang kemudian bereksperimen di musik yang menitik beratkan ketukan "Afterbeat" dari pada "Downbeat". Hingga saat ini ketukan Afterbeat menjadi esensi dari singkop (Penukaran Irama) khas jamaica dan di campur dengan Free-walking bass Style, dan musik SKA pun lahir.

Pada Tahun 1962 Musik SKA juga sudah mulai masuk ke Inggris, melalui musisi dan produser imigran asal Jamaica. Disaat musik SKA trend di Inggris, lahirlah Band The Coventry Automatics pada pertengahan tahun 70-an. musik SKA digunakan Jerry Dammers untuk menangkal isu rasial.
Dari dia-lah musik SKA berkembang dengan identik Hitam dan Putih. Salah satunya muncul sosok Walt Jabsco, diambil dari nama 'Walt Disney' (Pendiri Kartun) dan Jabsco ( berarti ganja dalam bahasa silang latin) Gambar kartun dengan Jas Hitam dengan kemeja Putih, Topi 'ROK PIE', Dai Hitam, Kaca Mata Hitam, Kaos Kaki Putih dan Sepatu 'Loafers' Hitam. selain specialis ada juga Madness, The Beat, The Selecter, The Bodysnatcher, band SKA yang meramaikan musik di Inggris.

Adapun Musik SKA yang mengkombinasikan hampir setiap Jenis musik yang dapat di adukan dengan irama SKA seperti Band-band berikut:

1. Jump With Joe, Hepcat, Yebo, NY Ska Jazz Ensemble dan Stubborn Allstars, dll ( Barmain dalam akar Ska Jamaica)
2. Operation IVY, Voodoo Glow Skulls, Mighty Mighty Bosstones, dll ( Bermain menggunakan Energi Punk untuk menciptakan SKA-CORE.
3. Fillibuster, Urban Blight, Regatta 69 dll ( Bermain menggunakan corak Reggae/Rocksteady Beat)
4. Punch The Clown, Undercover S.K.A, dll ( Bermain dengan mencirikan pengaruh gaya 2Tone)
5. Prok Pie Tribes ( musik asal Florida) menggabungkan musik SKA dengan Musik Tradisional Irlandia.
6. The Brownies ( Bermain musik SKA dengan mencampurkan jenis musik apa saja).
Advertisement

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Catatan seperti dibawah ini :
* Usahakan Berkomentar tidak menyinggung
* Tidak bertuliskan kata-kata Kasar
* Boleh berupa Kritik atau Saran
* Tidak berbau Porno atau SPAM
* Tidak menuliskan link Hidup/Aktif

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat untuk anda...