2015/12/17

Sejarah Musik Reggae | Terbentuknya Genre Reggae Sejak Tahun 1960

Advertisement

Sejarah Musik Reggae

Pada Tahun 1960 di jamaika sudah berkembang aliran musik baru yaitu musik Reggae. masyarakat jamaika berpendapat bahwa musik reggae merupakan hasil evolusi dari musik SKA dan ROCKSTEADY. Bob Marley berhasil memperkenalkan musiknya yang bergenre reggae ini ke seluruh dunia. Musik Reggae lahir di Getho, Kingson Ibukota Jamaika di sinilah jalanan Getho dikenal sebagai kampung kaum Rastafaria, kampung yang berprinsip kebebasan, kedamaian, dan keindahan alam.

Musik reggae adalah musik yang identik dengan aroma daun Ganja. hal ini karena mungkin daun yang dapat memabukkan tersebut dijadikan lambang/simbol musik reggae. Padahal tidak selamanya daun ganja di kaitkan dengan aliran yang mampu siapa yang mendengarkannya dapat ikuti bergoyang. selain daun ganja rega juga identik dengan Rambut Gimbal atau dengan nama lain Dreadlock. jika tidak ada Rambut Gimbal rasanya kurang  lengkap.

Para pecinta musik reggae dinamakan Reggaeman. Musik Reggae mulai berkembang pada tahun 1968-an. Tahun ini pula juga di anggap sebagai tahun kelahiran musik reggae di dunia dan mulai berkembang di jamaika dan afrika. Nama Reggae di ambil dari bahasa Afrika yaitu Ragged yang berarti gerakan menghentak.

Ciri khas Reggae adalah penggunaan drum dari Afrika yang dinamakan burru. Reggae lahir sebagai perpaduan musik tradisional dari tiga kawasan yaitu Jamaika, Afrika, dan Amerika. Sehingga musik ini bukan musik asli jamaika meski berkembang di daerah jamaika.

Musik Reggae memiliki dasar musik yang mirip dengan aliran musik SKA, hanya saja musik Reggae memiliki ritme yang condong lebih lamban. Sedangkan Musik SKA unsur melodinya lebih domain pada musiknya.

Jamaika adalah pulau yang dihuni oleh suku Indian Arawak, yang kemudian digantikan dengan ribuan budak belian kulit hitam dari daratan Afrika, karena Kolonialisme Spamyol dan Inggris pada abad ke-16 memusnahkan kaum Arawak. Pada tahun 1838 praktek perbudakan itu dihapus dan di ikuti dengan melesunya perdagangan gula dunia.

Musik Afrika sendiri pada dasarnya ada pada di kehidupan sehari-hari masyarakat Jamaika, baik di jalan, bus, tempat umum, tempat kerja atau rumah yang menjadi penyemangat saat sulit, sehingga memberikan kekuatan dan pesan tersendiri. Dan pada hasilnya musik Reggae bukan cuman memberikan relaksasi, tetapi juga membawa pesan cinta, damai, kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan rasa tegang dalam hati.
Advertisement

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

4 comments:

  1. owh jadi ini ya sejarah musik reggae yang sangat fenomenal itu?. artikelnya bagus gan dan sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. terimakasih sudah mau membaca artikel ini... semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Musik Reggae sangat bagus sekal;i jika dinikmati pada saat-saat santai seperti di panatai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup karna musik reggae sangat identik dengan musik pantai...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan Catatan seperti dibawah ini :
* Usahakan Berkomentar tidak menyinggung
* Tidak bertuliskan kata-kata Kasar
* Boleh berupa Kritik atau Saran
* Tidak berbau Porno atau SPAM
* Tidak menuliskan link Hidup/Aktif

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat untuk anda...